Rotani Sudutkan Arfandi

Maret 17, 2009 at 3:13 am Tinggalkan komentar

Diperiksa 5 Jam Dalam
Kasus APBD Merangin

Kasus dugaan penyimpangan dana APBD Kabupaten Merangin 2008 pada pos pangadaan barang dan jasa mulai menyeret mantan petinggi Bumi Tali Undang Tambang Teliti. Setelah memeriksa para pejabat dan rekanan Pemkab Merangin, kemarin (16/3) giliran mantan Bupati Merangin Rotani Yutaka diperiksa tim tindak pidana khusus (satsus) Kejati Jambi.

Rotani tiba di Kejati Jambi sekitar pukul 10.00 WIB menggunakan mobil Toyota Kijang Innova warna hitam nopol BH 278 RY. Setibanya di Kejati, Rotani langsung menuju ruang ekspose di lantai 2 gedung Kejati. Di ruang itu mantan orang nomor satu di Pemkab Merangin diperiksa penyidik Fauzan SH sekitar lima jam.

Kasi Penkum Kejati Jambi Andi Ashari mengatakan, kedatangan Rotani untuk dikonfirmasi dan dimintai keterangan seputar kasus yang terjadi di Sekretariat Daerah Merangin tersebut. Menurut Andi, materi yang ditanyakan kepada Rotani seputar pengelolaan keuangan daerah. “Siapa yang bertanggung jawab atas hal itu,” ujarnya. Andi juga mengatakan, kerugian yang dialami negara pada kasus tersebut sebesar Rp 7 miliar. Namun, lanjut Andi, pihaknya masih akan mengirimkan surat kepada BPKP untuk mengaudit jumlah kerugian negara itu.

Saat ditanya mengenai status Rotani dalam pemeriksaan kemarin, Andi mengatakan bukan sebagai tersangka ataupun saksi. “Hanya untuk memverifikasi,” ujarnya.

Menurut informasi yang diperoleh Jambi Independent, dalam pemeriksaan itu, Rotani dicecar sekitar 50 pertanyaan oleh penyidik. Sumber di Kejati menyebutkan, sebagian besar jawaban yang diberikan Rotani lebih banyak menyudutkan Arfandi Ibnu Hajar yang saat itu menjabat sekda Merangin.

Keterangan sumber itu dibenarkan Andi Azhari. Saat menjawab pertanyaan wartawan, Andi mengatakan, dalam pemeriksaan, Rotani menyatakan bahwa yang bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan dalam sekretariat daerah adalah Arfandi Ibnu Hajar. “Ditunjukkan dengan Surat Keputusan Bupati Nomor 13 Tahun 2008,” ujarnya.

Menurut Andi, isi keputusan tersebut adalah menunjuk sekda Merangin selaku koordinator pengelola keuangan daerah. Selain itu juga sebagai penyusun dan pelaksana kebijakan.

Dari keterangan Rotani tersebut, apakah Kejati sudah menyimpulkan tersangka dalam kasus itu? “Belumlah. Ini kan masih proses. Kita juga belum memeriksa sekda dan plt sekda,” kata Andi. Rencananya, lanjut Andi, mantan Sekda Arfandi Ibnu Hajar dan Plt Sekda Marzuki Yahya akan diperiksa hari ini.

Sementara itu Rotani ketika dikonfirmasi usai diperiksa sekitar pukul 17.30 WIB tidak berkomentar banyak. “Hanya verifikasi,” katanya sambil berjalan menuju mobil Kijang Innova miliknya.

“Saya hanya menerangkan siapa yang bertanggung jawab dalam mengelola keuangan,” katanya. Mengenai SK tentang Pengelola Keuangan, juga dia jelaskan kepada penyidik. Rotani mengakui dia dicecar penyidik sekitar 50 pertanyaan. “Semua sudah saya jawab,” ujarnya. Sementara Arfandi Ibnu Hajar belum bisa dikonfirmasi. Dua nomor ponselnya ketika dihubungi sore kemarin tidak aktif.

Andi mengatakan, dari proses penyelidikan, pihaknya menemukan adanya pelanggaran hukum dalam kasus itu. Makanya status kasus itu dinaikkan ke tingkat penyidikan. Namun tersangka baru akan ditetapkan setelah pemeriksaan saksi dilakukan. “Dari temuan hasil pemeriksaan saksi, akan ditentukan siapa yang bertanggung jawab (tersangka, red),” tandasnya.

Seperti diberitakan, sebelumnya tim satsus Kejati sudah memeriksa tujuh pejabat Merangin terkait kasus itu. Bersama pejabat tersebut, tim juga memintai keterangan 16 rekanan Pemkab dan enam pegawai. Mereka diduga mengetahui soal dugaan penyimpangan dana APBD Merangin 2008 pada pos belanja jasa dan barang senilai Rp 5 miliar. Dari pemeriksaan tersebut, penyidik menemukan banyak kuitansi fiktif yang diduga sebagai penyebab bocornya dana APBD.(*)

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Korupsi APBD Merangin, Giliran Rotani Yutaka Diperiksa Giliran Arfandi Yang Akan Diperiksa, Soal Korupsi APBD Merangin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


anda pengunjung ke

  • 11,311 hits

Klik tertinggi

  • Tak ada

Flickr Photos

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: